Akun Terkait

Motivasi Kesuksesan dari Kisah Inspiratif Owner Salsa Snack, Buah & Sembako Purwokerto



Bismillahirahmanirahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Perkenalkan saya adalah admin dan penulis blog ini ( salsagrosirmurahpurwokerto.blogspot.com ), nama saya Restu Nugroho.

Saya ditugaskan oleh managemen Salsa Snack, Buah & Sembako untuk mengupdate sosial media Salsa Snack. Mulai dari Facebook, Instagram, WhatsApp Story dan Blog ini. Semua konten yang dibuat oleh saya 100% original branding Salsa Snack, Buah & Sembako.

Disini saya akan menceritakan sedikit perjalanan Salsa Snack, Buah & Sembako mulai dari 0 hingga sekarang ini. Dengan sedikit informasi yang saya ketahui. Semoga kisah atau cerita ini bisa menjadi motivasi Anda dalam menggerakkan roda bisnis Anda. Agar Anda bisa selalu semangat dan mengambil pelajaran dari cerita atau kisah ini.

Berikut ceritanya...

Salsa merupakan nama brand toko kami. Nama Salsa diberikan oleh owner kami dan merupakan nama putra pertama owner kami Bapak Nur Adi Purnomo.

Salsa Snack berawal dari owner kami berkeliling mendagangkan snack basahan atau jajanan pasar ke kampung-kampung, desa-desa, RW ataupun RT. Menggunakan sepeda seadanya dan membawa kue basah atau jajanan pasar dengan beberapa tempatnya yang ditumpuk sekitar 5 tumpukkan ke atas.

Sepeda dan modal untuk jualan dulunya di terima pak Pur tidak sampai 1 Juta dari teman beliau. Langkah demi langkah beliau berlajan. Langkah awal Salsa ini dimulai di sekitar tahun 2009 silam.

Setiap ada pembeli, beliau selalu berhenti dan memarkirkan sepedanya dan membuka tempat jajanan pasar satu demi satu dengan sabar dan ulet.

Beliau harus menjual habis setiap hari makanan atau jajanan tersebut, karena menurut beliau itu adalah titipan yang harus dijual. Tidak boleh di sia-siakan. Karena jika kita mampu menjaga dan menjual pasti penitip atau supplier makanan atau jajanan pasar tersebut akan senang karena dagangannya laku.

Begitulah beliau menanamkan kepercayaan kepada konsumen dan supplier. Sehingga mulai banyak penitip atau supplier yang menitipkan barang untuk dijualkan oleh Bapak Purnomo owner kami.

Sekitar kurang lebih 2 tahun berlalu, beliau Pak Purnomo sudah memiliki banyak pasar atau pelanggan. Dan berjualan keliling sudah tidak efektif lagi, mengingat produk yang dibawa semakin banyak.

Maka dari itu sekitar tahun 2011 beliau membangun Salsa Snack yang khusus berjualan snack basahan, atau snack berat atau jajanan pasar. Di Jalan Perintis Kemerdekaan Purwokerto (alamat pertama salsa).

Usaha beliau semakin berkembang, karena harga yang murah dan juga pelayanan yang maksimal. Beliau menambah lagi varian produknya dengan produk snack kering dan sembako dengan harga yang murah.

Semakin banyak pasar, namun Pak Purnomo harus mencari tempat lagi yang lebih besar untuk bisa menampung produk-produk jualannya.

Saya tidak tahu pasti kapan Salsa Snack Pindah ke Jl. KH. Agus Salim Karangpucung. Setelah pindah ke Jl. KH. Agus Salim Salsa Snack menambah varian produknya yang tadinya hanya Snack Kering, Basah, dan Sembako Salsa menambah produk buah-buahan segar Import dan Lokal.

Di tahun-tahun ini lah Salsa mulai berproses bisnis di dunia retail memulai keseriusan dan mengalami beberapakali progres. Naik turun omzet dan lain-lain hal.

Program-program sudah mulai berjalan. Pembenahan-pembenahan di segala lini, SDM, produk, fasilitas mulai berkembang. Dengan keberadaan Salsa supplier pun tidak sedikit yang menawarkan produk-produknya untuk di jual di Salsa.

Hingga tahun 2020 Salsa Snack membuka cabang di Karang Lewas, di awal bulan Februari.

Lika-liku bisnis dari tahun 2009 hingga 2020 bukan waktu yang sebentar. Pengalaman dan insting bisnis beliau Pak Purnomo sangat berpengaruh untuk perkembangan Salsa Kedepannya.

Beliau memiliki impian untuk bisa membantu banyak orang, karyawan, supplier yang ingin ikut menjualkan produknya dan konsumen.

Membantu karyawan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai syariat Islam. Membantu Supplier menjualkan produknya dengan mudah di Salsa, dan harapannya bisa mendongkrak omzet si supplier. Dan membantu konsumen mendapatkan produk berkualitas dengan harga murah. Seringkali Salsa mengadakan promo jual harga modal. Tujuannya adalah membantu konsumen mendapatkan harga grosir walaupun hanya dengan membeli jumlah yang sedikit.

Selain itu menjual dengan harga yang murah juga membantu pedagang kecil yang mengambil barang dari Salsa untuk dijual lagi.

Itulah yang menjadi tujuan utama dari Owner kami, membantu banyak orang. Beliau juga sering berkata "seringlah berkorban waktu, tenaga dan pikiran". Maksudnya adalah berkorban untuk bisnis kita. Luangkan waktu lebih banyak tanpa mengharapkan imbalan, berkorban tenaga tanpa mengarapkan upah dan mengorbankan pikiran tanpa mengharapkan imbalan juga demi bisnis.

Dengan berkorban tentu bisnis kita akan berkembang karena bisnis tersebut tetap berjalan tanpa mengurangi porsi pemutaran cash flow karena waktu, tenaga serta pikiran gratis. Tugas kita hanya menjaga bisnsi tersebut tetap berjalan, jangan mikirkan isi perurt dulu. Korbankan hal tersebut untuk kelangsungan bisnis kita dahulu.

Untuk Anda yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh tentang usaha Salsa Snack, dan penjualan yang lebih masif tentang Salsa Snack, bisa simak video di bawah ini.

Video di bawah ini merupakan kisah Salsa Snack langsung dari Owner kami Bapak Purnomo. Yang diliput oleh team niaga TV.

Semoga artikel ini bisa memotivasi dan menjadi inspirasi Anda dalam berbisnis. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan saya memohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan artikel ini. Akhir kata, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.





No comments