Akun Terkait

Promosi dan Jualan Lewat Facebook, Efektif Kah??


Bismillah, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Di postingan ini saya sebagai Admin Sosial Media Salsa Snack, Buah & Sembako akan membagikan sedikit hal mengenai jualan atau promosi barang dagangan kita melalui sosial media khususnya Facebook.

Dijaman digital sekarang ini, pemanfaatan sosial media sebagai tempat promosi produk ata barang dagangan semakin marak.

Fasilitas yang gratis dan banyak peluang tercipta melalui facebook, menjadikan banyak orang tidak malu atau sungkan lagi dengan aplikasi jejaring sosial yang satu ini.

Peran Facebook memang sangat membantu orang mendapatkan informasi dengan cepat secara gratis. Dan sangat efektif sekali sebagai media promosi online. Dengan promosi di Facebook diharapkan banyak orang tertarik dan membeli produk kita.

Namun, bagaimana cara yang lebih efektif berjualan di facebook?
Disini saya akan jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat promosi di sosial media facebook.

Hal yang perlu diperhatikan saat promosi produk kita di Facebook :


1. Produk Yang Anda Jual Ready Stock

Pastikan produk Anda Ready Stock (bukan dropship silahkan baca hukum dropship menurut syariat Islam) - Ready stock dapat memberikan kepercayaan lebih kepada calon konsumen. Dengan memiliki barang  yang ready stock kita akan lebih mudah mengenalkan produk kepada pelanggan, lebih mudah memberikan foto real kepada pelanggan jika meminta. Dan lebih banyak mengambil foto yang realistis, sehingga calon pembeli akan lebih percaya kepada Anda.


2.  Deskripsi Produk

Pastikan deskripsi produk yang Anda tawarkan sama dengan kondisi produknya. Deskripsikan kekurangan dan kelebihan produk Anda secara gamblang, tidak ditambah dan dikurangi. Karena kejujuran pedagang bisa meyakinkan calon pembeli. Dan perlu diketahui juga, kejujuran adalah pintu keberkahan berdagang.

Contoh Deskripsi :
Bismillah, Tersedia aneka jajanan pasar atau snack basah atau snack berat di Salsa Snack, Buah & Sembako. Bahkan ada diskon 15% setiap pemesanan snack basah dengan minimal pembelian Rp. 300.000 untuk acara Anda.
Langsung saja ke Salsa Snack :
Jl. KH. Agus Salim Karangpucung dan Jl. Kertawibawa Pasir kidul Karanglewas.
Atau hubungi kami via WA untuk inforamsi lebih lanjut ke nomor : 085325902229


3. Cantumkan Kontak Person Pada Deskripsi

Yakinkan calon pembeli dengan mencantumkan informasi yang lengkap di setiap deskripsi dan konten promo yang dibagikan. Dengan mencantumkan alamat serta kontak person lengkap akan lebih memberikan kepercayaan kepada calon pembeli. Calon pembeli juga akan lebih mudah menghubungi Anda dengan kontak person dan alamat yang Anda cantumkan pada deskripsi (serperti contoh deskripsi diatas).


4. Foto Yang Berkualias

Biasakan mengunggah gambar dengan kualitas yang baik. Foto sangat mempengaruhi suasana hati calon pembeli. Ketika foto yang Anda unggah tidak menarik, sudah pastilah calon pembeli Anda akan mencari produk dengan foto yang lebih menarik lagi. Belajarlah mengambil foto dengan posisi yang tepat. Di internet sudah banyak tutorial cara mendapatkan foto yang baik.

Contoh :



5. Gunakan Desain Grafis

Gunakan Desain Grafis pada konten promosi Anda. Menggunakan Desain Grafis yang menarik pada konten Anda tentu akan menjadikan daya tarik kepada pengguna facebook. Dan akan lebih meyakinkan lagi tentunya. Saat orang melihat konten promosi dengan desain grafis yang menarik, mereka berpikir itu adalah cara promosi yang berbeda dan berkelas, dan pasti orang akan menganggap bahwa postingan itu resmi dan bukan penipuan.

Contoh :


6. Lakukan Terus-Menerus

Lakukan promosi secara terus menerus sehingga viewers akan lebih mengenal produk dan toko online Anda. Ketika Anda hanya mempostingnya sekali saja tentu akan lebih sedikit pula yang melihat postingan Anda. Semisal Anda posting jam 7 pagi, yang melihat konten Anda kemungkinan adalah orang membuka facebook di waktu-watu tersebut. Dan ketika semakin siang, konten promo akan tertimbun postingan yang lainnya.

Ketika itu, perlu juga di siang kita posting kembali, dan malam. Kemungkinan viewers melihat konten promosi Anda akan jauh lebih banyak. Karena orang membuka facebook di waktu yang berbeda-beda.

Ingat, target Anda promosi di Facebook tidak hanya melulu soal closing tetapi juga perlu untuk mengenalkan produk Anda, dan mengenalkan produk Anda. Melakukan posting secara rutin akan membuat viewers Anda lebih cepat mengenal toko online Anda.


7. Soft Selling 

Soft Selling, merupakan metode berjualan dengan cara halus. Soft selling ini bisa dilakukan dengan cara membagikan story telling atau cerita tentang bisnis atau usaha Anda. Atau membagikan tips edukasi kepada viewers Anda, atau konten Nasihat.

Jadi, intinya postingan kita jangan isinya hanya promosi terus. Harus ada konten yang lainnya. Untuk melakukan pendekan kepada calon pembeli. Karena terkadang calon pembeli merasa bosan ketika melihat konten yang dibagikan di facebook hanya promosi saja.

Contoh :



8. Market Place

Manfaatkan fitur Marketplace di Facebook. Berjualan di facebook semakin mudah dengan fitur marketplace yang ada di facebook. Bagikan juga postingan  marketplace tersebut di grup-grup jual beli yang sesuai dengan produk Anda.


9. Fast Respons

Yang terakhir, usahakan Anda Fast Respons atau cepat tanggap saat dimintai jawaban di komentar atau pesan lewat Facebook. Pengguna sosial media cenderung malas ketika meminta jawaban namun lambat jawabannya. Maka dari itu, usahakan cepat tanggap dalam menjawab komentar atau chat atau inbox dari calon pembeli.

Calon pembeli juga menilai dari kecepatan Anda membalas. Ketika mereka cepat mendapat jawaban, tentu mereka menilai Anda profesional dalam berjualan.


Itulah hal yang perlu Anda perhatikan saat berjualan melalui sosial media atau Facebook, semoga dengan sedikit hal ini Anda menjadi semakin semangat lagi untuk berjualan lewat facebook.

Oiya, jangan lupa follow dan ikuti terus sosial media Salsa Snack, Buah & Sembako untuk belajar bagaimana kami membagikan konten promosi melalui sosial medai khusunya facebook.

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian hal diatas. Terima kasih dan Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments